Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Daftar Biaya Balik Nama (BBN KB) Terbaru Agustus 2018

Biaya Balik Nama (BBN KB)

Biaya Balik Nama (BBN KB)

Biaya Balik Nama (BBN KB) – Kondisi moda transportasi saat ini memang masih belum bisa dikatakan cukup memadai, sehingga membuat banyak orang lebih memilih untuk membeli kendaraan sendiri seperti motor ataupun mobil untuk dijadikan sebagai alat transportasi untuk keperluan aktivitas sehari-hari, terlebih bagi mereka yang sudah berkeluarga.

Berbagai kalangan masyarakat pun saat ini lebih banyak melirik berbagai jenis dan merk kendaraan, baik itu kendaraan baru maupun bekas. Dengan membeli kendaraan bekas baik itu mobil maupun motor memang sudah bukan lagi masalah asalkan masih dalam kondisi bagus dan dapat berkendara dengan baik dan nyaman bersama keluarga. Namun ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan pada saat akan membeli kendaraan bekas, seperti harga, kondisi kendaraan dan juga biaya untuk membayar bea balik nama BPK apabila sudah resmi berpindah tangan.

Melakukan pergantian nama pemilik kendaraan pada BPKB kendaraan memang sangatlah penting untuk dilakukan, sehingga kendaraan yang anda beli sudah benar-benar menjadi milik anda sesuai dengan nama yang tercantum di dalam BPKB. Lalu, kira-kira berapa nominal biaya yang harus anda bayarkan untuk mengurus proses balik nama kendaraan bekas yang sudah anda beli?

Biaya Balik Nama (BBN KB) kendaraan bermotor sebenarnya berbeda-beda, tergantung dari jenis kendaraan, biaya pajak dan lain-lainnya. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasannya dibawah berikut ini berdasarkan dari jenis kendaraan yang akan anda urus proses balik namanya.

Biaya Balik Nama (BBN KB) Motor Bekas

Dalam melakukan proses balik nama motor bekas, ada dua jenis biaya yang mesti anda bayarkan, terdiri dari biaya pajak dan juga biaya luar pajak. Untuk rincian biaya dalam melakukan proses balik nama ini telah tercantum pada lembaran STNK setelah proses balik nama selesai dilakukan. Rincian dari biaya balik nama tersebut dapat dijadikan sebagai perkiraan dari jumlah pajak yang harus anda bayarkan.

  1. Biaya Pajak

Pada proses balik nama ini, semua kolom di dalam STNK akan terisi kecuali kolom Adm. TNKB. Kolom tersebut baru akan diisi apabila proses dilakukannya balik nama bertepatan dengan jatuh tempo TNKB. Biaya pajak yang wajib dibayarkan terdiri dari biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ), biaya Administrasi STNK dan biaya Administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Selain itu, ada juga biaya balik nama (BBN KB) motor bekas yang sudah terhitung dalam biaya pajak. Contoh perhitungan dari BBN KB ini mengacu pada jumlah PKB dari tahun sebelumnya, yaitu dengan rumus 2/3 x PKB. Jumlah dari PKB sendiri yaitu sama dengan biaya pada tahun sebelumnya atau bisa juga mengalami sedikit perubahan. Jika mengalami perubahan, biayanya justru akan menurun beriringan dengan usia kendaraan yang semakin tua. Kemudian ada biaya SWDKLJJ pada motor, yaitu sebesar Rp. 35.000, pemilik baru dari motor bekas tersebut akan dikenakan biaya administrasi STNK sebesar Rp. 50.000 dan biaya administrasi TNKB sebesar Rp. 30.000.

  1. Biaya Luar Pajak

Jenis biaya balik nama BBN KB motor bekas yang kedua ini yaitu biaya luar pajak, dimana biaya yang harus dibayarkan sesaui yang tercantum di dalam STNK. Dalam melakukan proses balik nama, tercantuk biaya pendaftaran untuk balik nama STNK sebesar Rp. 30.000 dan biaya pendaftaran balik nama BPKB sebesar Rp. 80.000. selain itu, ada juga biaya yang harus dibayarkan untuk serangkaian tes fisik dari kendaraan, yaitu proses pengesahan hasil dari cek fisik sebesar Rp. 30.000 dan tips untuk petugas yang melakukan cek fisik sebesar Rp. 10.000 (sukarela). Jadi jika ditotalkan semua biaya di luar pajak yang dikeluarkan yaitu sebesar Rp. 150.000.

Biaya Balik Nama (BBN) Mobil Bekas

Biaya balik nama (BBN KB) mobil bekas berbeda dengan motor bekas, karena memiliki perhitungan tertentu. Biasanya, besaran dari biaya yang harus dibayarkan tergantung dari harga mobil dan juga tahun keluaran dari mobil itu sendiri.

Biaya balik nama (BBN KB) untuk mobil bekas juga terdiri dari dua jenis, yaitu biaya pajak dan biaya diluar pajak. Untuk biaya pajak terdiri dari beberapa bagian yaitu Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB), biaya administrasi untuk STNK, biaya administrasi untuk Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWJDKLL) dan juga Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB).

Untuk biaya balik nama (BBN KB) mobil bekas berbeda-beda tergantung dari jenis dan tahun keluarannya. Sejak tanggal 6 Agustus 2018, pemerintah sudah memberlakukan peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2016 terkait jenis dan tarif PNPB (Penerimaan Negara Bukan Pajal) pada setiap kendaraan bermotor roda dua dan roda empat.

Berikut ini perkiraan biaya balik nama BBN KB mobil bekas tahun ini, yaitu :

  • Besaran nominal PKB yang tertera pada lembaran STNK anda, dan tidak akan berubah dari jumlah yang telah dibayarkan pada tahun sebelumnya.
  • Besaran BBN KB yang telah dihitung dengan menggunakan rumus 2/3 dari PKB
  • SWJDKLL sebesar Rp.000 untuk kendaraan jenis mobil namun dapat terjadi perubahan sewaktu-waktu.
  • Biaya administrasi STNK sebedar Rp. 200.000 dan biaya penerbitan STNK sebesar Rp. 50.000.
  • Biaya administrasi TNKB sebesar Rp.000 dan untuk TNKB yang berada di lintas batas dikenakan biaya sebesar Rp. 200.000.

Cara perhitungan biaya balik nama (BBN KB) mobil bekas, yaitu sebagai berikut :

  • Apabila biaya yang tercantum di dalam STNK sebesar Rp. 1.500.000, maka biaya BBN KB yaitu sekitar Rp. 1.000.000. Kemudian ditambah lagi dengan biaya administrasi STNK sebesar Rp. 250.000, biaya SWJDKLL sebesar Rp. 143.000, biaya TNKB sebesar Rp. 100.000. Jadi apabila ditotalkan jumlah biaya yang harus dibayarkan yaitu sekitar Rp. 2.993.000.
  • Sedangkan untuk biaya ganti nama di luar pajak yang harus dibayarkan yaiu sebesar Rp. 50.000 untuk cek fisik, biaya pendaftaran balik nama STNK sebesar Rp. 30.000 dan biaya penerbitan BPKB sebesar Rp. 375.000. Jadi, total biaya diluar pajak yang harus dibayarkan seluruhnya yaitu sekitar Rp. 725.000.

Jadi, jika dilihat secara keseluruhan memang cukup besar. Semakin besar biaya STNK yang tertera, maka akan semakin juga total biaya keseluruhan yang harus dibayarkan. Namun begitu pentingnya proses balik nama pada kendaraan bekas yang kia beli, maka biaya tersebut tentunya cukup sepadan dan masuk akal. Terlebih ada beberapa rincian biaya yang sudah resmi ditetapkan oleh pemerintah yang tidak akan bisa permainkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Mungkin cukup sekian informasu dan penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang kami jelaskan diatas dapat bemanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semua yang berencana akan membeli motor atau mobil bekas atau yang membalik namakan kepemilikan dari BPKB dan STNK kendaraan anda.

Terima kasih dan sampai jumpa!

Daftar Biaya Balik Nama (BBN KB) Terbaru Agustus 2018 | FADLI | 4.5
/* */