Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Daftar Biaya Perpanjang STNK dan SIM Terbaru Agustus 2018

Biaya Perpanjang STNK dan SIM

Biaya Perpanjang STNK dan SIM

Biaya Perpanjang STNK dan SIM – STNK dan SIM adalah dua jenis surat atau dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap pengendara kendaraan bermotor, baik itu sepeda motor atau mobil. Kewajiban untuk memiliki kedua surat penting ini memang sudah di atur oleh undang-undang yang telah ditetapkan oleh pemerintah bagi setiap pengendara. Pastinya teman-teman semua yang memiliki kendaraan bermotor sudah tahu hal ini, maka pada kesempatan kali ini admin tidak akan menjelaskannya lebih jauh, namun informasi penting yang perlu teman-teman semua ketahui yaitu peraturan pemerintah terbaru mengenai biaya perpanjangan STNK dan SIM. Oke, untuk lebih jelasnya admin akan bahas satu per satu pada artikel kali ini. tolong simak baik-baiknya?

Biaya Perpanjangan STNK Terbaru

Berdasarkan dari informasi yang admin dapatkan mengenai peraturan pemerintah No. 60 tahu 2016 mengenai jenis dan tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), ada kenaikan biaya perpanjangan STNK untuk kendaraan bermotor.

Lalu, berapa biaya perpanjangan STNK terbaru?

Terdiri dari dua jenis kenaikan untuk biaya perpanjangan STNK, pertama yaitu kenaikan biaya perpanjangan STNK untuk kendaraan jenis roda dua dan tiga, sedangkan yang kedua yaitu kenaikan biaya perpanjangan STNK untuk kendaraan roda empat. Untuk lebih jelasnya, simak rinciannya berikut ini.

Rincian Biaya Perpanjangan STNK Kendaraan Roda Dua Dan Tiga

Berikut ini update terbaru untuk biaya administrasi perpanjagan STNK untuk kendaraan bermotor roda dua dan tiga, yaitu :

  • Biaya administrasi untuk pembuatan dan perpanjangan STNK sebesar Rp. 100.000.
  • Biaya untuk penerbitan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) atau plat nomor kendaraan sebesar Rp. 60.000.
  • Biaya untuk penerbitan BPKB sebesar Rp. 225.000.
  • Biaya untuk penerbitan surat mutasi ke luar daerah sebesar Rp. 150.000.

Rincian Biaya Perpanjangan STNK Kendaraan Roda Empat

Berikut ini rincian biaya perpanjangan STNK untuk kendaraan bermotor roda empat, yaitu :

  • Biaya administrasi pembuatan dan perpanjangan STNK sebesar Rp. 100.000.
  • Biaya untuk penerbitan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) atau plat nomor kendaraan sebesar Rp. 60.000.
  • Biaya untuk penerbitan BPKB sebesar Rp 225.000.
  • Biaya untuk penerbitan surat mutasi ke luar daerah sebesar Rp 150.000.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai biaya perpanjangan STNK kendaraan bermotor roda dua, tiga dan empat terbaru yang telah berlaku. Meski demikian, informasi rincian diatas bisa berbeda-beda di tiap-tiap kota di Indonesia.

Biaya Perpanjang SIM Terbaru

Tidak sedikit orang yang malas untuk mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan berbagai alasan, salah satu alasan yang sering terdengar dari masyarakat yaitu biaya perpanjangan SIM yang dinilai mahal. Padahal jika kita perhatikan dan rasakan manfaatnya, biaya yang dikeluarkan bisa dikatakan cukup murah apalagi masa berlaku SIM sendiri cukup panjang yaitu 5 tahun.

Ketimbang harus main kucing-kucingan dengan petugas polisi yang melakukan operasi razia di jalan raya dan terus-terusan harus membayar biaya tilang, tentunya harga membuat SIM jauh lebih murah.

Kalau udah seperti itu, bukan hanya duit yang melayang, anda juga harus repot bolak-balik pengadilan untuk menjalani sidang tilang. Jika sudah begitu, bukan hanya uang saja yang harus anda keluarkan, waktu dan tenaga pun akan banyak terkuras hanya untuk bolak-balik untuk sidang. Nah, agar kitsa bisa berkendara dengan tenang, nyaman dan terhindar dari kena tilang. Jangan tunda-tunda lagi untuk memperpanjang SIM anda, ya!

Untuk anda yang belum tahu biaya perpanjangan SIM terbaru tahu ini, simak informasi yang akan admin bagikan dibawah berikut ini.

Biaya Perpanjangan SIM Terbaru

Berikut ini biaya perpanjangan SIM yang harua anda bayarkan sesuai dengan jenis SIM yang anda miliki, yaitu :

  • Biaya Perpanjangan SIM A sebesar Rp. 80.000
  • Biaya Perpanjangan SIM B I sebesar Rp. 80.000
  • Biaya Perpanjangan SIM B II sebesar Rp. 80.000
  • Biaya Perpanjangan SIM C I sebesar Rp. 75.000
  • Biaya Perpanjangan SIM C II sebesar Rp. 75.000
  • Biaya Perpanjangan SIM D sebesar Rp. 30.000
  • Biaya Perpanjangan SIM D I sebesar Rp. 30.000
  • Biaya Perpanjangan SIM internasional sebesar Rp. 225.000

Biaya perpanjangan SIM yang tercantum diatas sudah diatur dalam peraturan yang telah dikeluar pemerintah dengan Nomor 60 tahun 2016. Selain biaya diatas, ada biaya tambahan lain berupa biaya asuransi kecelakaan sebesar Rp. 30.000, tapi itu sifatnya tidak wajib.

Selain itu, anda juga disarankan untuk memperpanjang SIM sebelum jatuh tempo masa berlaku SIM habis. Pasalnya, jika terlambat akan dikenakan sanksi dengan membuat SIM baru lagi.

Di dalam akun Facebook resmi Humas Polri menghibau kepada seluruh masyarakat Indonesia yang isinya kurang lebih “mulai diberlakukan sejak tanggal 1 Januari 2016, perpanjangan SIM dapat dilakukan sebelum masa berlaku SIM lama habis dengan tenggang waktu 14 hari sebelum masa berlaku SIM habis”.

Nah, jika sudah demikian, maka siap-siap saja anda mengeluarkan biaya lebih mahal untuk membuat SIM baru lagi. Maka, jangan tunggu masa berlaku SIM anda habis, segera lakukan perpanjangan sekarang juga, ya!

Lalu, apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan perpanjang SIM?

Berikit ini persyaratan yang harus dibawa pada saat akan melakukan perpanjangan SIM, yaitu :

  1. KTP Asli (masih berlaku) dan fotocopy KTP
  2. Membawa SIM lama
  3. Mengisi formulir perpanjangan SIM yang tersedia di lokasi pembuatan SIM
  4. Membawa surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari puskesmas atau dokter

Itulah beberapa persyaratan penting yang harus anda persiapkan saat akan melakukan perpanjangan SIM. Selain itu, ada kabar gembira untuk anda semua. Dijaman modern dan canggih seperti saat ini, anda sudah tidak perlu lagi repot-repot untuk mengantri atau memakai jasa/calo dalam melakukan perpanjangan SIM.

Pasalnya, saat ini anda bisa melakukan perpanjangan SIM secara online dan peraturan ini sebenarnya sudah mulai diberlakukan sejak tahun 2015 lalu. Namun untuk anda yang masih belum tahu caranya, anda bisa simak panduan lengkapnya dibawah berikut ini.

Cara Memperpanjang SIM Secara Online

Berikut ini panduan mengenai cara perpanjangan SIM secara online, yaitu :

  1. Lakukan Registrasi via Online

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan melakukan pendaftaran di situs resmi Polri. Setelah itu, anda akan diarahkan ke halaman formulir untuk melakukan registrasi dan isi data secara lengkap sesuai petunjuk dan jangan lupa tentukan lokasi kedatangan yang nantinya akan anda kunjungi untuk menerbitkan SIM baru anda.

  1. Lakukan Pembayaran Secara Online

Dikarenakan anda melakukan perpanjangan SIM secara online, maka anda diwajibkan melakukan pembayaran melalui transfer bank sesuai dengan  jumlah yang diminta pada saat melakukan perpanjangan secara online.

  1. Kunjungi Kantor Satpas atau SIM Keliling

Kunjungi Satpas yang sudah anda tentukan pada saat melakukan pendaftaran atau SIM keliling dengan membawa dokumen yang diperlukan dan bukti registrasi online. Setelah di verifikasi oleh petugas kepolisian anda akan diminta untuk melakukan beberapa langkah mulai dari pengambilan foto, sidik jari dan tanda tangan. Setelah itu, anda tinggal menunggu SIM anda dicetak.

Bagaimana, mudah bukan?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai biaya perpanjangan STNK dan SIM terbaru, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan membantu serta menambah wawasan bagi anda semua.

Terima kasih dan sampai jumpa!

Daftar Biaya Perpanjang STNK dan SIM Terbaru Agustus 2018 | FADLI | 4.5
/* */