harga motor yamaha

Cara Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu, Jitu & Ampuh

cara memilih motor bekas

cara memilih motor bekas

Tips Memilih Motor Bekas – Haloo Sobat hargamotoryamaha.com, berjumpa lagi nih dalam edisi Tips Membeli Motor Bekas Yamaha. Tidak sedikit orang yang memilih sepeda motor bekas, entah sebab faktor budgeting atau faktor kegunaannya sendiri. Akan tetapi meski dengan kondisi bekas, pastinya kita selaku orang yang ingin membeli motor bekas/second tidak ingin memiliki motor bekas yang asal-asalan, meski kondisinya bekas/second harus bisa menjamin motor tersebut masih layak digunakan sebagai kendaraan, agar tidak ada kendala ketika digunakan, maka sangat penting bagi kita untuk mengumpulkan informasi tentang cara membeli motor bekas agar tidak tertipu.

Bisa dibayangkan Sob, ketika udah beli motor bekas/second ehh… ternyata kondisi mesinnya gak standar, kita tertipu oleh tampilan yang good condition namun ancurrr didalam, rasanya pasti nyesek banget kan?? Niatnya beli motor bekas/second dengan tujuan agar hemat di biaya/budgeting malah bikin kantong bolong karena harus servis ke bengkel untuk turun mesin, nah disini sangat penting untuk kita pahami dan mengerti betul cara memilih motor bekas berkualitas.

Sobat ingin membeli motor bekas/ second? Tentukan dulu jenis motor yang hendak dibawa pulang atau dibeli, banyak jenis dan type motor, motor sport, trail, bebek, moped, naked bike, matic dan banyak lagi lainnya. Naaah, untuk type motor matic, jika kita ingin membeli motor matic bekas maka kudu dan harus ekstra hati-hati, teliti dan juga detail pasalnya motor matic ini perawatannya tidak sembarangan Sob, apabila motor matic bekas dari tangan pertama sudah jarang dirawat bahkan cara merawat motornya sembarangan bisa dijamin kita sebagai tangan kedua yang ingin membeli motor tersebut harus pikir-pikir ulang, sangat dibutuhkan keahlian dalam cara memilih motor bekas, bagi kita yang masih awam dengan hal itu perlu untuk membaca lebih tentang tips membeli motor matic bekas.

Memiliki sepeda motor pastinya menjadi impian semua orang, namun bagaimana jika dana kita terbatas? Tidak usah bingung dan bimbang Sob 😀 Sepeda motor bekas/second dapat menjadi pilihan alternatif kok. Meskipun istilahnya bekas, akan tetapi masih banyak kok sepeda motor bekas/second murah yang dijual dengan good condition atau kondisinya sangat baik. Asalkan… kita kudu ahli dalam memilihnya, maka bisa dijamin kita nantinya memiliki sepeda motor bekas yang tidak membuat kita menyesal, tentunya motor tersebut merupakan impian kita. Baiklah, dibawah ini merupakan kumpulan tips cara ampuh, jitu membeli dan memilih motor bekas yang benar.

TIPS MEMBELI MOTOR BEKAS BERKUALITAS

  1. Dana atau Budget

dana membeli motor bekas

dana membeli motor bekas

Ini merupakan hal yang sangat vital sekaligus penting, sebab percuma impian serta angan-angan yang tinggi namun dana atau budget tak sampai 😀 Sesuaikan saja kemampuan dalam hal finansial, kemudian pertimbangkan juga dari harga jual motor bekas. Jika hanya memiliki uang kisaran 6 juta, jangan sampai ingin membeli motor sport bekas seharga 15 juta, tidak mungkin itu terjadi sob meskipun anda menawarnya dengan cara apapun, yaa kecuali kalau mau begal sekalian 😀 jangan lah yaa sob, pakai cara halal dan aman saja. Pertimbangkan secara matang dengan dana yang anda miliki, oh iya apabila punya dana kisaran 6-7 juta bisa mencari harga motor bekas yamaha mio yang sesuai sebagai referensi.

  1. Tujuan Dari Pembelian Motor Bekas

Segala hal yang berkaitan tentang kegunaan motor yang anda beli setidaknya harus mencakup tujuan utamanya. Anda harus paham betul Sob, apa yang harus anda lakukan ketika hendak membeli motor bekas. Untuk angkut-angkut lah, untuk mobilitas sehari-hari, atau sekedar hobi hiasan garasi rumah? Jangan sampai diluar kemampuan anda, apalagi sampai hutang teman kalau bisa melunasinya ya tidak apa-apa, kalau sebaliknya?

  1. Menimbang Ulang Jenis Motor yang Diinginkan

Lanjut apabila telah memiliki kemampuan budget yang dirasa sudah maksimal, juga sudah menemukan tujuan dari pembelian motor bekas, naah silahkan anda menentukan jenis motor yang nantinya anda beli. Beragam jenis/type motor yang ada di pasar otomotif Indonesia, ada motor matic, bebek, trail, sport, dll. Sesuaikan saja dengan keperluan ataupun model motor yang anda suka.

  1. Mencari informasi Terkait Spesifikasi Motor Yang Anda Incar

Pastikan telah memiliki kandidat motor yang diincar, jikalau sudah punya, waktunya anda mulai untuk menggali atau mencari spesifikasi secara lengkap dari motor bekas yang anda inginkan. Carilah sedetil-detilnya mulai dari CC kapasitas mesin, performa motor, kelebihan serta kekurangan, cara merawat motor, apakah boros atau irit, nyaman dikendarai atau tidak. Pastinya harus mencakup segala informasi tentang motor tersebut. Tidak usah khawatir, sekarang sudah banyak kok artikel yang patut anda baca terkait berbagai macam review motor. Seperti halnya situs ini juga memberikan review tentang kumpulan review harga spesifikasi motor yamaha baru dan bekas.

  1. Cek Kondisi Harga Motor Dipasaran Agar Tidak Tertipu

Baiklah jika sekarang anda telah menemukan kandidat motor yang anda incar, tipe motornya apa, memiliki kemampuan bagaimana, juga jangan lupa kekurangannya. Kini saatnya anda mencari tahu harga kisaran atau price range mengenai motor bekas bagus incaran anda. Jika harga dari motor bekas yang anda incar telah sesuai dengan budget yang anda miliki, maka lanjut ke tahap berikutnya yakni mencari motor tersebut di showroom atau bisa di media periklanan baik cetak maupun online. Sedikit tips membeli motor bekas di showroom, jika hendak membeli motor di showroom biasanya harga yang ditawarkan lumayan mahal atau bisa dibilang diatas price range pasaran, anda bisa menawarnya secara sopan dan santun, pikir-pikir ulang apabila showroom menawarkan credit. Sesuaikan dengan budget, berusaha lagi mencari motor lain serta dengan kondisi yang fit dan bagus. Jangan tergesa-gesa dan deal hanya karena janji dan tipu daya si penjual, tetap sabar dan rasional.

  1. Buatlah Pilihan Alternatif Jenis Motor Lain

Merk dan jenis motor di Tanah Air sangatlah beragam. Naah, ada baiknya jika anda membuat list atau daftar merk motor serta jenis lain, jadikan itu sebagai cadangan jika nantinya sulit menemukan pilihan utama motor bekas incaran anda. Sebab tak semua motor yang diincar menawarkan kondisi baik dan prima, pasalnya anda hendak membeli motor second not new 😀 Yaa bisa jadi ada beberapa jenis motor bekas dari merk lain yang juga memiliki spesifikasi nyaris sama bahkan ada yang menawarkan dengan kondisi lebih baik, kan sayang tuhh kalau tidak kita beli. Buatlah pilihan lain dalam list atau daftar anda, ini akan mempermudah anda, akan tetapi juga jangan terlalu banyak, nanti malah bikin pusing sendiri.

  1. Carilah Motor Bekas di Showroom Mokas Terpercaya

promo harga kondisi motor bekas

promo harga kondisi motor bekas

Bisnis yang berkaitan dengan jual beli motor kini kian menjamur. Persaingan antara pengusaha showroom dan juga dealer resmi mulai berlomba-lomba dalam menyuguhkan promo-promo menarik, harga murah dibanding kompetitor rata-rata, kemudian bisa kredit motor, ada bonus dan banyak lagi lainnya. Yang terpenting adalah pada saat anda yakin untuk membeli motor bekas di dealer mokas tersebut, pastikan anda mencari info kelebihan serta kekurangan yang ada pada dealer tersebut dengan cara apabila ada saudara atau kawan yang pernah membeli motor di showroom itu  maka mintalah saran dari mereka, setidaknya ada trackrecord atau pengalaman sebelumnya. Tidak sebatas itu saja, anda jangan tergesa-gesa karena tergiur dengan promo menarik yang tidak jelas dari dealer motor bekas. Pastikan dealer/showroom tersebut menyediakan jasa untuk urusan surat menyurat-kendaraan secara legal/resmi.

  1. Alternatif Lain, Cari Iklan Penjualan Motor di Berbagai Media dan Situs Online

Misalkan anda masih belum cukup percaya dengan dealer motor bekas, bahkan ada rasa trauma sebelumnya, anda bisa kok mencoba untuk mencari penjual motor bekas secara langsung, via iklan-iklan penjualan motor dibeberapa media terkait, seperti harga motor bekas di koran, harga motor bekas olx, dll. Ada di media cetak maupun elektronik. Rata-rata pembelian seperti ini cukup mudah didalam transaksinya sebab negosiasinya luwes dan menyesuaikan, pastikan ada perjanjian yang saling menguntungkan. Menawarlah secara kekeluargaan, yaa bisa jadi sekalian menambah tali silaturahmi Sob.

  1. Riwayat Penggunaan Harus Jelas dan Baik

Baiklah, jika semuanya sudah mantab dan juga anda telah menemukan penjual motor bekas yang sesuai dengan financial condition anda, naah sekarang waktunya anda menanyakan riwayat motor bekas tersebut sembari membandingkan dengan kondisi fisik motor tersebut. Pastikan motor bekas tersebut bukanlah motor hasil tindak kriminal, yakni curian, motor sedang dijaminkan, lalu motor sitaan, bahkan motor orang lain. Yakinkan juga apakah motor bekas tersebut pernah kecelakaan hingga mengalami kerusakan yang parah?? Jika iya dan pernah, berusahalah untuk mencari lagi penjual mokas yang lain beserta riwayat kendaraan yang lebih baik, ini berkaitan tentang masa depan anda 😀 Namun apabila anda masih ngotot dengan pilihan tersebut, anda harus siap dan berani menerima konsekuensi apapun nantinya.

  1. Pastikan Surat-Surat Akur, Sinkron dan Asli

periksalah bpkb dan stnk

periksalah bpkb dan stnk

Segala jenis kendaraan bermotor, diantaranya sepeda motor adalah wajib hukumnya memiliki kelengkapan surat-surat legal/resmi yang diperoleh dari pihak Kepolisian, baik itu BPKB dan STNK kendaraan tersebut. Jangan sampai anda membeli dan menerima motor bekas yang STNK serta BPKB nya sedang dalam masa jaminan, ini bisa sangat merugikan bagi anda nantinya. Carilah informasi apakah KTP dari nama kepemilikan yang tercantum di BPKB masih aktif/berlaku? Pastikan dapat dipergunakan nantinya untuk kepentingan balik nama kendaraan. Cek keaslian BPKB serta STNK dari motor tersebut. Apabila ada kendala lain seperti BPKB bahkan STNK nya hilang, pastikan pemilik motor bekas mempunyai Surat Tanda Kehilangan BPKB/STNK. Jika tidak, jangan teruskan proses transaksi motor tersebut, bisa-bisa nantinya anda dituduh sebagai penadah motor hasil tindak kejahatan.

  1. Cek/Periksa Kondisi Fisik Motor Bekas Secara Detail dan Teliti

Selanjutnya, sudah yakin riwayat baik, surat kendaraan pun akur dan asli. Sekarang saatnya memeriksa kondisi fisik motor bekas yang anda pilih. Pertama, periksa terlebih dahulu kondisi bodi motor secara keseluruhan. Adanya goresan/baret pada bagian tertentu bisa mengurangi kisaran harga yang ditawarkan motor tersebut, pastikan tidak ada bagian yang di repaint atau cat ulang dengan kualitas jelek. Jadi, telitilah terlebih dahulu. Tahap selanjutnya yakni cek serta periksa fungsi indikator kendaraan, panel-panel speedometer apakah berfungsi normal, lampu depan beakang dll. Pastikan juga kondisi velg, roda dan mesin, dan bagian-bagian vital lainnya dari motor tersebut.

  1. Ajaklah Kenalan/Kerabat yang Mengerti Kondisi Mesin

Terkadang kita hanya bisa menilai kondisi  fisik luar motor saja, sebab untuk mengerti kondisi mesin kendaraan bermotor membutuhkan keahlian khusus. Jika anda kurang yakin dan belum mengerti tentang mesin, lebih baiknya anda mengajak montir/kerabat yang sangat paham mengenai mesin. Setidaknya atau minimal orang yang anda bawa/ajak mengerti mana kondisi mesin yang layak dijalankan atau tidak layak, dari suara mesin biasanya bisa menjadi tolak ukur layak tidaknya kendaraan tersebut. Jangan lupa mintalah pendapat mereka tentang motor bekas yang diperiksanya, deal atau tidaknya tergantung anda dan montir anda. Langkah tersebut dapat membantu anda mengetahui cara mengecek mesin motor bekas.

  1. Wajib Test Drive!! Motor Layak, Nyaman atau Tidak?

cara ampuh membeli motor bekas

cara ampuh membeli motor bekas

Oke… Setelah mengerti dan paham seluk beluk/kondisi motor bekas yang hendak anda beli, jangan langsung menyerahkan uang dan transaksi seketika itu. Anda wajib menjajal atau Test Drive motor bekas tersebut. Ingat ini adalah hal yang WAJIB! Proses Test Drive dilakukan guna membuktikan serta meyakinkan diri anda sebagai pembeli bahwa motor yang akan anda beli, real atau benar-benar dalam kondisi nyaman, prima, layak untuk dikendarai. Cobalah test drive seperti berbelok, periksa pengereman, test tingkat kekerasan suspensi depan dan belakang,  kelistrikan serta akselerasi standard motor tersebut. Test Drive sangat dibutuhkan untuk membeli segala jenis motor, tidak hanya untuk cara membeli motor bekas yamaha saja, bisa lebih spesifik menjadi tips membeli motor vario bekas, tips membeli motor ninja bekas, tips membeli motor bekas satria fu, dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Bertanyalah Secara Lengkap Kepada Si Penjual

Jangan hanya fokus terhadap motornya, gali lah semua informasi terkait motor bekas tersebut, seperti penggunaan BBM, Oli nya, dll Sembari melakukan test drive, berusahalah untuk aktif bertanya kepada penjual. Tanyakan semuanya secara detail, apabila pada saat test drive anda menemukan kendala yang kurang enak bahkan kurang nyaman, seketika utarakan saja keresahan anda dengan cara bertanya. Jangan sampai anda menyesal di akhir 😀

  1. Tenang… Jangan Terburu-Buru Dalam Bernegosiasi Harga

cara & tips membeli motor bekas

cara & tips membeli motor bekas

Akhirnya motor pilihan anda kini sudah berada di tangan. Langkah selanjutnya yakni merupakan tahap paling penting. Negosiasi… pasalnya motor yang akan anda beli adalah motor bekas, harga dari kendaraan bekas pun harus menyesuaikan harga yang ada dipasaran, mengikuti juga kondisi motor. Setelah anda mencoba motor bekasnya, giliran anda untuk melakukan negosiasi. Tawarlah pada kisaran harga yang memikat hati penjual, jangan terlampau turun jauh dari harga awalnya, kecuali kondisi motor diluar normalnya anda bisa menawar jauh dari harga awal. Usahakan jangan terlalu buru-buru yaa pada saat menawar. Santai… namun tetap tunjukkan keseriusan anda, jangan sampai keliru dalam menyebutkan harga tawaran anda, bisa merugikan anda sendiri jikalau salah menyebutnya.

  1. Ikhlaskan, Jangan Memaksakan Diri

Tahap terakhir… terlanjur suka dan sayang sama motornya, eh… lha kok harganya tidak bisa dinegosiasikan? Yaweslah Sob, lupakan kenangan itu, carilah pengganti yang lebih baik 😀 cari saja lagi motor bekas lain beserta harga yang bisa di nego. Sayang memang siih, tapi bagaimana lagi, harga yang ditawarkan diluar budget yang disiapkan. Ingat!! Jangan memaksakan diri untuk membeli motor bekas tersebut. Anggap saja belum rejeki anda, orang sabar pasti dapat yang lebih baik kok, tenang saja…

Itulah tips-tips atau cara sederhana sebelum anda ingin membeli/memilih motor bekas pilihan anda. Segala keuntungan ada ditangan anda jika anda dapat memilah serta menimbang dengan tepat, tentu nanti anda akan memperoleh motor bekas yang berkualitas, bisa jadi kondisi dan performanya tidak kalah dibanding motor baru keluaran dari Dealer Resmi seperti Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki, dll. Mungkin sebatas itu tips, trik, cara ampuh memilih motor bekas yang berkualitas semoga bisa menjadi informasi tambahan bagi anda yang hendak membeli motor bekas. Sekian dan Terimakasih, Salam Otomotif!! 😀

Cara Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu, Jitu & Ampuh | Lorenzo | 4.5