Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menyetel Karburator Vakum & Karburator Konvensional

cara menyetel Karburator vakum vs konvensional

Tips & Trik Mudah Setting Karburator – Oke Sobat Otomotif sekaligus pembaca setia hargamotoryamaha.com, sekarang kita ketemuan lagi niiih, pastinya diselimuti rasa kangen… ciiieee ileee… kaya abg yang lagi kasmaran aja dah!hahaha πŸ˜€ Uokkeh, dalam edisi kali ini kita akan memberikan tips dan trik bagaimana sih cara menyetel karburator motor. Terkadang menjengkelkan yaaah sob kalau lagi riding santai apalagi bareng kawan kita tiba-tiba motor brebet gak karuan, tentu yang jadi sasaran pasti karburator kalau gak gitu yaa kelistrikan yang bermasalah, namun bagaimana kalau owner sang motor tidak tahu cara menyetel karburator yang motornya lagi mogok dijalanan, tentu puyeng bin pusing banget kan?? karet karburator vakum melar, molor, berikut gambarnya:

Tips Settiing Karburator Vakum & Karburator Konvensional

karet karburator vakum melar

karet karburator vakum melar

Sebelumnya kita harus tahu dahulu prinsip kerja dari karburator. Langkah tersebut kita lewati saja ya sob, karburator kalau di tubuh itu semacam jantung, hadduuh malah ngasih pelajaran biologi!wkwkwk πŸ˜€ karburator bertugas untuk menyuplai bahan bakar ke dalam mesin ataupun dapur pacu motor kita, tak hanya menyuplai bahan bakar namun karburator juga merupakan part yang nantinya akan mencampurkan istilah lainnya MIX antara BBM dengan udara yang masuk sehingga menghasilkan istilah pengkabutan, sebab tidak murni partikel BBM yang masuk kedalam mesin melainkan udara pun diukur serta ditimbang ulang oleh karburator, alhasil menghasilkan pembakaran yang sesuai performa mesin dengan cara setting karburator yang ideal.

Semakin bertambahnya tahun, perkembangan teknologi pada motor kian canggih. Ada dua jenis Karburator, karburator terdahulu lebih dikenal dengan karburator konvensional sebab apabila gas dibetot atau ditarik otomatis tali gas-gasan motor kita secara langsung akan mengangkat dan membuka skep alhasil lebih responsif, biasanya terdapat di motor 2 tak. Sementara karburator perkembangan selanjutnya dinamakan karburator vakum, karburator ini diklaim lebih hemat dan irit alhasil lebih efisien dalam konsumsi bahan bakarnya, jenis karburator vakum dalam hal akselerasi lebih menurun tingkat responsifnya, bagi yang doyan speed biasanya enggak suka sama tipe karburator ini mungkin karena kurang nyentak, terasa kosong, ngempos dan banyak lagi alasan lainnya.hahaha πŸ˜€

Mesin tidak selalu memberikan performa terbaiknya, acap kali sering kita temukan dalam kondisi yang abnormal, hal semacam itu disebabkan berbagai faktor, jantung atau karburator dari motor kita ternyata settingannya berubah sehabis servis mungkin karena mekanik bengkel yang kurang pengalaman, kemudian mesin bunyi mengelitik, klitik-klitik, dan banyak lagi jenis suara mesin yang berisik membuat telinga kita risih mendengarkannya. Untuk itu hargamotoryamaha.com akan memberikan solusi bagaimana cara mudah menyetel karburator tanpa ongkos buat mekanik, pastinya murah meriah Sob! Dengan cara setting karburator sendiri tidak usah mengeluarkan ongkos untuk pergi ke bengkel.

Baiklah… Tips dan trik dibawah merupakan proses penyetelan karburator standar ala bengkel resmi yang sangat gampang, akan tetapi lebih dianjurkan karburatornya di bersihkan, meliputi part pendukung lainnya juga seperti filter bensin kemudian filter udara harus masuk dalam kategori part-part yang di bersihkan, agar debu kotoran serta endapan yang berada didalamnya hilang sudah! πŸ˜€ jangan sampai lupa pilot serta main jet kudu ikut dibersihkan. Tepat pada pilot maupun main jet nya kalau di bersihkan harus menggunakan carburator cleaner kalau enggak ada ya pakai angin kompressor, kalau masih tidak ada ya kompresor manual alias ditiup yang kencang, orang jawa bilang di SEBUL!haha πŸ˜€ Agar waktu lebih singkat pastinya lebih bersih Sob…

Berikut cara menyetel karburator konvensional ataupun cara setting karburator 2 tak, Tips dan trik setting karburator ini berbeda dengan cara menyetel karburator vakum, sebab kinerjanya pun berbeda.

TIPS & TRIK MENYETEL KARBURATOR

TIPS DAN TRIK MENYETEL KARBURATORΒ KONVENSIONAL

Pertama, nyalakan mesin sampai mesin udah anget atau panas, kemudian di sruput Sob… eeh salah… emangnya kopi?? πŸ˜€

  • Lanjut tahap berikutnya, setel atau tarik gas hingga sampai diputaran 3000 – 5000 rpm, apabila motornya tidak memiliki RPM meter seperti motor bebek ataupun matic, bisa main feeling lah. Kalau belum peka terhadap kisaran RPM tersebut, bisa ditarik gasnya pada putaran tengah seperti pada saat menaiki motor yang melewati perkampungan gitu lah sob, putaran gas berada pada posisi tanggung.
  • Lalu, setelan anginnya diputar ke kanan seperti arah jarum jam sampai mentok ya Sob, apabilaΒ  mesin dirasa hendak seperti ingin mati maka kondisikan gas motor kita dengan cara ditarik guna menjaga mesin tidak sampai mati.
  • Kemudian langkah selanjutnya, setelan anginnya diputar ke kiri dengan arah yang berlawanan dari sebelumnya, untuk setelan motor bebek pada kisaran 1,4 – 1,5 putaran, cara ini bisa digunakan untuk cara menyetel karburator jupiter z sedangkan setelan pada motor sport berada di kisaran 2,5 putaran. Banyak yang bertanya satu putaran karburator berapa derajat sih? Dan jawabannya adalah, satu putaran angin karburator itu 360 derajat bukan 180 derajat.
letak sekrup udara dan stasioner karburator

letak sekrup udara dan stasioner karburator

  • Pada tahap diatas, rasakan dan dengarkan secara hikmat raungan ataupun suara mesin yang semakin meninggi dan terus meninggi saat setelan baut anginnya diputar ke arah kiri kebalikan dari arah jarum jam pada umumnya. Perlu diingat Sob, jangan sampai knalpot mengeluarkan suara dooorrr… darrr… alias nembak/meletup meski sekecil-kecilnya jangan sampai ada bunyi ledakan dari knalpot. Patokannya kira-kira antara putaran 1,4 – 1,6 pada motor bebek sementara setelan karburator pada motor sport di kisaran 2,4 – 2,6 putaran ke kiri.
  • Selanjutnya, apabila sudah menemukan suara mesin yang paling tinggi lalu setelan baut gas langsam atau idlenya, diturunkan sampai posisi idle atau mesin enggak matian, biasanya di sekitaran 900 -1100 RPM. Setelan baut ini beda loohh sob dengan setelan baut angin, biasanya terlihat ada pir untuk mengatur ketegangannya.
  • Adapun cara menyetel karburator motor supaya irit, seperti cara diatas apabila ingin membuat setelan karburator supaya irit maka putaran setelan angin karburator berhenti diputar ke kiri pada saat teriakan mesin sudah melewati suara raungan yang paling tinggi, sebab jika putaran obeng ke arah kiri kita hentikan sebelum suara atau raungan mesin terdengar meninggi maka itu merupakan setelan boros Sob… oke paham kan?? πŸ˜€
  • Untuk finishing di tahap akhir, silahkan di cek dengan cara membetot gas hingga full teriakan mesinnya. Pada saat suara mesin dari RPM atas turun ke RPM tengah hingga RPM bawah, jika masih ditemukan suara ledakan knalpot maka ulangi cara di atas hingga menemukan setelan karburator yang ideal untuk mesin. Cara diatas bisa juga digunakan untuk cara menyetel karburator motor honda.

Tak selalu sepeda motor kita menunjukkan performa yang sangat baik. Terkadang banyak masalah yang menghinggapi kuda besi kita. Apalagi kalau owner atau si pemilik malas untuk merawatnya. Problem yang sering ditemukan diantaranya seperti mesin yang tersendat ketika motor dikendarai, inilah salah satu ciri-ciri karburator bermasalah. Kalau sudah seperti itu, perasaan cemas dan waswas pasti menyelinap di pikiran kita, takut kalau motor tiba-tiba mogok di tengah jalan.

Alhasil sangat dibutuhkan tips cara menyetel karburator brebet ngempos dll. Pasokan bahan bakar yang berlebih dapat menjadi akar masalah. Pasalnya karburator yang kotor tersebut menghambat kinerja dari mesin itu sendiri. Naah padahal performa dapur pacu yang normal/fit biasanya dihasilkan oleh karburator dengan proses pengkabutan yang ideal serta sempurna.

Maka dari itu, karburator wajib untuk dibersihkan dan juga komponen-komponen terkait lainnya secara berkala. Problem lain yang membuat pasokan bahan bakar diluar kebutuhan mesin adalah posisi setelan jarum skep terlalu tinggi, kemudian klep choke seret alias macet serta lubang nozzle bahkan main jet juga pilot jet didalam karburator ikut tersumbat.

Endapan kotoran secara langsung dapat membuat mesin sakit-sakitan, bahkan parahnya mesin sampai tidak bisa hidup sama sekali Sob πŸ˜€ Naaah dari sini perlu diperhatikan secara detail part-part terkait serta harus dipastikan apakah setelannya sudah tepat atau belum. Ooh iya, jangan lupa diperiksa kebersihan knalpotnya, sebab kotoran/hasil sisa pembakaran dapat menghambat output yang berasal dari ruang bakar mesin.

Adapun hal lain yang membuat dapur pacu sepeda motor brebet atau tersendat-sendat adalah kondisi busi yang lemah, sudah tidak bisa memercikkan api yang bagus. Tidak ada cara lain, harus membeli busi baru yang sesuai spesifikasi motor kita. Bila dalam sikon gawat darurat, kita dapat mengatur ulang jarak kerenggangan busi yakni antara elektroda dan ujungnya menjadi lebih renggang lagi, agar mampu memberikan loncatan bunga api busi yang lebih besar dan cukup untuk sementara waktu.

Pada dasarnya, settingan karburator konvensional ini sama saja dengan cara setting karburator menurut keihin, pasalnya karburator yang diproduksi oleh keihin pun ada yang berjenis konvensional dengan mengandalkan skep yang langsung ditarik oleh tali gas, berbeda dengan jenis vakum yang menggunakan membran dari karet dan juga terdapat katup bilah kupu-kupu yang terbuka apabila gas ditarik. Kinerja karburator vakum lebih rumit dibanding konvensional.

TIPS DAN TRIK MENYETEL KARBURATOR VAKUM

Karburator vakum yamaha

Karburator vakum yamaha

Uokkeeeeh Sob, kali ini hargamotoryamaha.com akan memberikan tips untuk kalian semua tentang bagaimana sih cara menyetel karburator vakum, setting karburator vakum mudah Sob bagi yang udah ahli πŸ˜€ Naaah untuk menjadi sang ahli pasti butuh cara, tips, trik menyetel karburator dengan mudah seiring berjalannya waktu datanglah kepekaan kita terhadap performa kendaraan yang kita miliki, apakah dalam keadaan performa baik atau tidak.

Sebelum memulainya, hargamotoryamaha.com ingin menunjukkan karburator vakum itu kayak gimana sih?? Karburator vakum sekarang rata-rata dipakai pada mesin matic, contoh: Yamaha Mio, Mio Soul, Fino, Xeon semuanya di versi lawas. Untuk motor sport dipakai oleh Yamaha Scorpio, Yamaha Byson dll. Namun motor terbaru YAMAHA sekarang sudah menggunakan teknologi Full Injection, tidak lagi memakai karburator.

Performa kuda besi kesayangan anda menurun atau menunjukkan gejala abnormal seperti knalpot nembak, meletup, meledak waktu gas ditutup? Naaaahh… Bisa jadi itu ada masalah Sob di settingan karburatornya, entah berubah atau part didalamnya menurun kualitasnya karena termakan usia akibat pemakaian.

Maklumlah, sebab kinerja karburator vakum lebih rumit dan saling berkaitan, lebih mengutamakan tingkat kevakuman agar lebih efisien penggunaan bahan bakarnya. Oh iya Sob, bukaan throttle alias skep dari karburator vakum itu berdasarkan tingkat kevakuman di ruang bakar. Dari itu untuk mendapatkan settingan yang ideal dan top markotop setelan udaranya harus akurat serta teknik menyetelnya berbeda dari karburator konvensional atau jenis skep langsung.

Setiap produsen otomotif/motor pasti tidak menganjurkan untuk menyetel ulang pada putaran mixture air screwnya. Sebab pabrikan motor yang kita tunggangi sudah mendesain dan juga mensetting sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan pengkabutan yang dikehendaki oleh mesin motor kita, settingan tersebut merupakan kondisi yang ideal serta sangat memperhatikan faktor emisi, berdasar aturan gas buang yang telah ditentukan.

Pabrikan motor biasanya memberi patokan atau kisaran seberapa banyak putaran sekrup mixture air screw pada jenis serta spesifikasi yang dipatenkan pada motor kita. Putaran tersebut pun ada tolerasinya ( plus minus / Β± ) apabila patokan yang diberikan masih tidak ideal, jangan sampai motor kita melaju pada kondisi mesin yang kering atau setelan karburator yang terlalu irit karena hal tersebut dapat membuat mesin berada pada temperatur tinggi dan bisa-bisa overheat, pada akhirnya mesin ambrol Sob. πŸ™

Kita bisa menyetel karburator sendiri dengan mudah serta cara yang simpel bin sederhana saja. Berikut merupakan cara umum bukan rahasia lagi, guna mengembalikan performa mesin agar fit kembali.

  • Pertama, kita harus tahu dulu fungsi mixture air screw pada karburator vakum, disinilah letak perbedaan karburator vakum VS konvensional. Putaran sekrup udara yang ada di karburator vakum apabila diputar menutup ke kanan searah jarum jam maka kondisi mesin dalam kondisi irit, kok bisa?? Sebab kinerja mixture air screw pada karburator vakum bukan hanya menambah debit udara saja seperti karburator konvensional melainkan mencampur β€œMIX” antara debit udara dan BBM. Jadi apabila sekrup Mixture air screwnya diputar ke arah kiri atau membuka itu berarti menambah debit udara dan BBM yang ada pada karburator. Sedangkan pada karburator konvensional seperti Karburator PE28, PWL, PWK, PE26, karburator GL Max, GL Pro, Mega pro lawas, Karburator 2tak dll. Apabila sekrup udaranya diputar ke arah kiri atau membuka maka hanya debit udara yang akan bertambah kedalam karburator. Semakin banyak udara yang masuk maka semakin kering dan irit, Jelas kan Sob?? πŸ˜€
  • Oke, Lanjut… Pada saat kondisi mesin lagi dingin, putar Mixture air screw hingga mentok ke kanan searah jarum jam namun jangan terlalu kencang sebab bisa merusak lubang dudukan Mixture air screwnya. Setelah itu buka kembali putaran Mixture air screwnya ke arah kiri atau berlawanan arah jarum jam 1 Β½ atau 2 putaran. Sebagai patokan untuk menghidupkan mesin sementara saja Sob.
  • Setelah itu hidupkan mesin selama 8-10 menit hingga suhu kerja mesin ideal. Naaahh, jika mesin telah mencapai suhu kerja idealnya, atur stasioner/langsam/idle mesin dengan cara memutar baut sekrup yang ada pirnya disisi body karburator hingga mesin teriak meninggi, jangan terlalu tinggi ya sob kira-kira ada di 4000 RPM.
  • Tahap berikutnya putar perlahan Mixture air screwnya ke kiri atau membuka, carilah suara mesin tertinggi. Jika diputar membuka teriakan mesin malah semakin turun maka jangan diteruskan. Coba diputar menutup atau ke kanan searah jarum jam sampai ketemu teriakan mesin tertinggi dan berhentilah pada putaran tersebut.
  • Apabila sudah menemukan putaran mesin yang paling tinggi, kendurkan atau turunkan putaran Sekrup stasioner/langsam/idle di kisaran 1100 RPM, kalu motor tidak memiliki RPM meter ya kira-kira aja Sob mesinnya agar tidak matian saat gas dilepas πŸ˜€

Sebagai koreksi dari setelan karburator diatas, jika mesin terasa mbrebet tidak beraturan itu tandanya campuran debit udara dan bbm kurang ideal, udaranya kurang Sob sehingga Mixture air screwnya perlu diputar ulang. Apabila belum menemukan settingan/setelan karburator yang pas ulangi cara diatas hingga fasih dalam cara menyetel karburator vakum dengan mudah πŸ˜€ Cara diatas bisa digunakan sebagai cara setting karburator mio.

Demikian Tips dan Trik cara menyetel atau setting karburator konvensional serta karburator vakum dengan mudah, semoga tips tersebut membantu para pembaca hargamotoryamaha.com untuk mencobanya dirumah, Salam Hemat & Salam OTOMOTIF πŸ˜€

Cara Menyetel Karburator Vakum & Karburator Konvensional | Lorenzo | 4.5
/* */