Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Daftar Harga Minyak Rem Terbaru Agustus 2018

Harga Minyak Rem

Harga Minyak Rem

Harga Minyak Rem – Sama hal nya dengan komponen lainnya, peran dari minyak rem juga sangat penting pada sepeda motor yang harus selalu rutin diganti dengan yang baru agar sistem pengereman pada sepeda motor anda dapat berfungsi dengan baik tanpa mengalami masalah.

Untuk melakukan pergantian minyak rem sendiri bisa dilakukan di bengkel motor langganan anda atau bisa juga dilakukan sendiri, karena cara mengganti minyak rem tidak terlalu sulit. Jika anda berencana mengganti minyak rem sepeda motor sendiri, maka anda tinggal membeli minyak rem di bengkel motor terdekat dan harganya pun tidaklah mahal, tergantung dari merk dan kapasitasnya.

Peran dari minyak rem sendiri hampir sama denga oli mesin pada sepeda motor, perlu dilakukan pengecekan secara berkala kondisinya. Masa pakai dari minyak rem memang terbilang cukup panjang dibandingkan dengan oli mesin, yaitu bisa mencapai 1-2 tahun lamanya.

Itulah hal yang sering menyebabkan banyak para pengguna sepeda motor yang sering lupa memeriksa kondisi minyak rem pada sepeda motornya, sehingga jarang diperiksa dan tahu-tahu kondisi minyak remnya sudah berubah dan sudah tidak layak pakai, bahkan mengalami kekeringan yang menyebabkan sistem pengereman menjadi tidak optimal.

Cairan yang digunakan untuk menyusun minyak rem yaitu sejenis zat yang dapat berubah karena pengaruh dari lingkungan dan juga suhu. Pada suhu tertentu, minyak rem bisa mengalami penguapan dan menyebabkan tekanan pompa rem menjadi terhambat dan jika kondisi ini dibiarkan saja dapat berakibat fatal nantinya. Oleh karena itu, segera ganti minyak rem pada sepeda motor kesayangan anda apabila warna dan kekentalannya sudah berbuhan.

Menurut mekanik dari salah satu bengkel yang kami temui, ia menuturkan bahwa idealnya minyak rem pada sepeda motor rutin dilakukan pergantian minimal per 20.000 kilometer. Pasalnya, bagaimana pun ada kandungan zat aditif pada minyak rek yang setelah digunakan dengan menempuh jarak tersebut harus segera diganti dan dibersihkan. Apabila tidak segera diganti, maka dikhawatirkan dapat menyebabkan terjadi kerusakan pada bagian seal master yang mengakibatkan rem pada sepeda motor tidak berfungsi dengan baik dan bahkan tidak berfungsi sama sekali alias macet.

Nah, bagi anda sobat otomotif yang berencana mengganti minyak rem tidak kalah penting juga untuk mengetahui jenis-jenis minyak rem yang beredar dipasaran. Ada beberapa jenis minyak rem yang bisa didapatkan, setiap jenisnya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, simak informasinya dibawah berikut ini.

Jenis-Jenis Minyak Rem

Minyak rem terdiri dari 4 jenis yang dibedakan berdasarkan spesifikasinya, yaitu :

  1. DOT 3

DOT 3 merupakan jenis minyak rem yang bahan bakunya menggunakan glikol eter. Dalam industri pembuatan minyak rem ini, glikol sendiri merupakan bahan material yang paling ekonomis.

  1. DOT 4

DOT 4 merupakan jenis minyak rem yang menggunakan bahan material berupa glikol eter yang telah diberi tambahan ester borat sebagai aditif. Penambahan ester borat ini dapat membantu memperbaiki sifat dari minyak rem itu sendiri, seperti dapat meningkatkan titik didih basah dan juga kering. Kualitas minyak rem DOT 4 lebih bagus dan lebih stabil serta memiliki titik didih yang tinggi.

Hanya saja, pada saat cairan mulai menyerap air, titik didih pada minyak rem jenis DOT 4 ini akan mengalami penurunan secara signifikan dan lebih cepat dibandingkan dengan minyak rem jenis DOT 3. Menurut nilai standar FMVSS116, minyak rem jenis DOT 4 ini memiliki titik didih kering minimum sekitar 230 derajat Celcius dan titik didih basah minimum sekitar 155 derajat Celcius.

  1. DOT 5

Jenis minyak rem DOT 5 memang merupakan jenis minyak rem yang berbeda dengan minyak rem lainnya, karena di dalam minyak rem ini memiliki bahan dasar dari cairan silikon. Dimana kualitas dan spesifikasi dari minyak rem DOT 5 ini paling unggul, karena memiliki pertahanan yang sangat baik terhadap korosi dan juga nilai titik didih yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan, minyak rem jenis ini tidak akan menyerap air. Minyak rem DOT 5 biasa digunakan pada kendaraan militer yang dimana sering di simpan dalam jangka lama hingga bertahun-tahun tanpa dilakukan pemeliharaan dan harus dapat bekerja secepatnya ketika kendaraan digunakan.

  1. DOT 5.1

Jenis minyak rem yang terakhir yaitu DOT 5.1 atau lebih sering dikenal dengan sebutan DOT 4 Plus atau DOT 4 Super. Minyak rem jenis ini memiliki bahan dasar glikol eter yang sudah memenuhi standar performa seperti pada DOT 5. Dimana minyak rem DOT 5.1 ini mempunyai struktur kimia yang hampir sama dengan DOT 4, sehingga minyak rem ini dapat langsung dicampurkan dengan jenis minyak rem lainnya seperti DOT 3 ataupun DOT 4.

Itulah jenis-jenis minyak rem yang penting untuk anda ketahui agar tidak salah memilih minyak rem mana yang memiliki kualitas bagus dan dapat memberikan kenyamanan berkendara terutama pada saat melakukan proses pengereman.

Sampai saat ini, cairan silikon sudah tidak dipergunakan lagi pada kendaraan seperti mobil, karena dua alasan, yaitu :

  • Tingkat kelarutan udara yang sangat rendah, sehingga dapat menyebabkan rem menjadi membal.
  • Tidak dapat menyerap air, kondisi ini dapat membuat air yang masuk ke dalam saluran sistem pengereman menyebabkan terjadinya korosif dan dapat menyebabkan tejadinya pembekuan terhadap emperatur rendah atau mendidih ketika temperatur suhu sedang tinggi.

Cara Mengganti Minyak Rem Sendiri

Ketika anda berencana untuk mengganti minyak rem, maka anda perlu mempersiapkan beberapa alat pendukung. Diantaranya seperti obeng kembang ukuran sedang yang dibutuhkan untuk membuka baut tutup master rem, kemudian lap atau kain kering yang sudah basahi dengan air bersih untuk digunakan mengelap atau membersihkan minyak rem yang menetes atau tumpah. Selain itu, siapkan juga selang berukuran kecil yang transparan untuk memeriksa apakah ada udara palsu yang masuk ke dalam selang rem. Terakhir, tenmtu saja siapkan minyak rem yang berkualitas bagus.

Setelah sua alat-alat yang dibutuhkan tersedia, langkah berikutnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan membuka baut pada tutup master rem sepeda motor anda. Setelah itu, buka juga baud penutup pada rem cakram sepeda motor anda untuk membuang sisa minyak rem yang lama. Hati-hati jangan sampai mengenai mana dan bagian motor, karena dapat merusak cat motor anda. Tarik dan lepaskan handle rem secara berulang kali sampai semua sisa minyak rem habis. Bersihkan tabung dan bagian cakram sebelum anda menutupnya kembali.

Setelah ditutup, anda bisa tuangkan minyak rem melalui tabung master rem sedikit demi sedikit. Jika sudah selesai, pasang selang pada bagian nipel kaliper rem, kemudian pompa handle rem secara berulang kali hingga rem terasa keras dan tahan, tujuannya untuk membuang udara yang terjebak di dalam tabung rem. Tahan handle rem secara, kemudian kendorkan nipel kaliper pelan-pelan sampai minyak rem dan juga gelembung udara di dalammya keluar. Setelah selesai, segera kencangkan kembali baut nipelnya dan tekan lagi selangnya beberapa kali agar semua udara di dalamnya keluar dan atur jarak main rem sesuai kenyamanan. Setelah itu, tutup kambali master rem dan jangan lupa bersihkan cairan minyak rem yang menetes atau tumpah pada bodi motor anda.

Daftar Harga Minyak Rem Berbagai Merk Terbaru

Bagi anda yang ingin tahu info terbaru mengenai harga minyak rem berbagai merk yang beredar dipasaran, anda bisa cek dibawah ini.

Brand Isi Harga
Minyak Rem Daihatsu Dot 3 300 ml Rp. 20000
Minyak Rem Honda Dot 3 300 ml Rp. 25000
STP Brake Fuild Dot 3 300 ml Rp. 35000
Suzuki Brake Fulid Dot 3 300 ml Rp. 26000
Prestone Dot 3 (Red) 300 ml Rp. 23000
AHM Brake Fluid DOT4 50 ml Rp. 9.500
Prestone Oli Rem DO4 50 ml Rp. 20.000
Jumbo Oli Rem DOT3 50 ml Rp. 25.000
Megacools Oli Rem DOT3 50 ml Rp. 25.000
Prestone Oli Rem DOT3 300 ml Rp. 38.000
Prestone Oli Rem DOT3 500 ml Rp. 70.000
Prestone Oli Rem DOT3 1 liter Rp. 90.000
Prestone Dot 4 300 ml Rp. 35000
Prestone Dot 3 1000 ml Rp. 63000
Seiken Dot 4 1000 ml Rp. 95000
Castrol Dot 4 500 ml Rp. 25000
Mazda Dot 4 300 ml Rp. 30000

Note:

  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Bagaimana, cukup murah bukan?

Itulah informasi yang dapat kami bagikan kepada anda semua mengenai harga minyak rem semua merk terbaru, semoga bermanfaat dan salam otomotif.

Daftar Harga Minyak Rem Terbaru Agustus 2018 | FADLI | 4.5
/* */