Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Yamaha Aerox 155 VVA VS NMAX 155 Adu Performa

Adu spesifikasi aerox 155 vs nmax

Adu spesifikasi aerox 155 vs nmax

Adu Spesifikasi & Top Speed Aerox 155 VS NMAX – Berjumpa lagi Sob!! Kini hargamotoryamaha.com hadir untuk memberikan gambaran sekaligus perbandingan Aerox 155 VVA Vs NMAX, kedua motor tersebut sama-sama merupakan gacoan alias jagoan Yamaha di segmen Skutik berkubikasi 155cc. Kehadiran Yamaha Aerox 155 di Tanah Air memang sangat menarik perhatian serta patut diperbincangkan. Pasalnya, Skutik bergaya unik dengan kubikasi engine 155 cc ini memasuki dan mengambil segmen pasar otomotif baru. Yups, meski jagat otomotif Indonesia sudah cukup bervariasi dengan adanya skutik 150 cc lainnya seperti Honda Vario, Honda PCX, Yamaha NMax 155, dll. Akan tetapi, Yamaha Aerox 155 meyakinkan dirinya untuk hadir tampil beda dan siap bertempur melawan skutik lainnya. Memiliki rancangan atau konsep layaknya skutik pada “entry level” tetapi menggunakan rangka jenis backbone. Dahulu awal penggunaan rangka backbone pada skutik identik dengan Yamaha Nouvo, Suzuki Skywave dan ada juga Hayate yang kesemuanya tersebut bermain pada kelas 125cc.

Guna menunjang design yang begitu sporty dan kekar tersebut, Yamaha membekali Aerox dengan mesin 155cc dikombinasikan dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) layaknya Yamaha Nmax agar mampu bersaing dengan pendahulunya dan juga memantapkan performanya. Yamaha Aerox 155 memang sedang membuka jalan baru, genre baru pada segmen skutik teranyar di Tanah Air. Dengan bermodalkan tampilan sporty, tampak gambot, rangka yang menyusun Yamaha Aerox 155 ternyata menggunakan jenis rangka backbone. Walau begitu, Yamaha Aerox 155 masih tidak bisa disamakan dengan Yamaha Nmax 155 yang lebih menyasar ke segmen ekslusif dan kenyamanan. Tampilan keduanya pun mempunyai diferensiasi antara sporty dan elegan, juga tentang kenyamanan rider saat berkendara, berkendara menggunakan Yamaha Nmax bisa selonjoran lalu menaruh kaki di deck sayap bagian bawah, bukan berarti Yamaha Aerox 155 VVA tidak nyaman apabila dibandingkan dengan Nmax, hanya saja posisi kaki rider Yamaha Aerox 155 tak seleluasa Yamaha Nmax, pasalnya Aerox 155 VVA tersebut menawarkan aura yang lebih sporty. Sekali lagi, segmen kedua motor tersebut berbeda Sob!

Yaaa… Meski akhir atau belakangan ini mayoritas banyak juga yang berkeinginan untuk mengkomparasikannya, kali ini kita akan mencoba untuk Komparasi Yamaha Aerox 155 VS Yamaha NMax 155. Meskipun segmen yang ditujunya bertolak belakang, terkait bandrol harga dari kedua skutik tersebut pun tidak memiliki selisih yang begitu jauh. Perlu diingat Sob, keduanya pun membawa kelebihan dan kelemahannya masing masing. Baiklah, kali ini hargamotoryamaha.com mencoba memberikan gambaran mengenai Adu Spesifikasi Yamaha Aerox 155 Vs Yamaha NMax 155.

Komparasi Harga Aerox 155 VVA VS NMAX 155

Pertama yakni dari segi label harga, faktor inilah yang cenderung memberikan sugesti untuk mempersuasi pecinta Otomotif Tanah Air agar menemukan perbandingan Yamaha Aerox 155 dengan Yamaha Nmax 155. Terkait nominal harga dari Yamaha Nmax 155 sendiri versi non ABS-nya sekitar 25,2 juta sementara pada versi ABS-nya 29,1 juta OTR Jakarta. hargamotoryamaha.com baru menyadari bahwa harga Yamaha Nmax ternyata melonjak cukup tinggi, Sedangkan untuk harga Yamaha Aerox versi standarnya pada kisaran 21,85 juta, Aerox R version 23,75 juta, S version (ABS) sekitar angka 26,15 juta. Sangat menarik sekali kan Sob, apabila dilihat dari faktor harga baik antara Yamaha Aerox 155 maupun Yamaha Nmax 155, untuk versi non ABS atau standarnya selisih 3,35 juta, sedangkan versi ABS selisih 2,95 juta.

Komparasi Desain & Fitur Aerox 155 VVA VS NMAX 155

review harga aerox 155

review harga aerox 155

Kedua, berbicara dari segi fitur, persoalan mengenai fitur jelas tidak bisa diabaikan begitu saja, di zaman yang semakin canggih dan serba berteknologi terbaru, salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan saat membeli motor baru ialah fiturnya tidak boleh ketinggalan jaman. Jeng… jeng.. jeng…!! Bila ditinjau kembali, Yamaha Aerox 155 tampak sangat unggul lebih futuristik dibanding Yamaha Nmax 155.

fitur yamaha aerox

fitur yamaha aerox

Kini waktunya mengkomparasikan versi tertinggi dari kedua pihak motor sporty dan elegan ini. Untuk Yamaha Aerox 155 S version ABS telah dipersenjatai lengkap beserta Digital Speedometer extra wide berukuran 5,8 inchi, lalu terdapat pula Smart Key System dan sudah tidak dibutuhkan lagi anak kunci atau disebut Keyless. Disamping itu, Yamaha Aerox 155 versi ABS sudah disematkan teknologi Start & Stop System (SSS). Dari segi fitur diakui bahwa Yamaha Aerox 155 sangat diunggulkan dibanding dengan Yamaha Nmax 155, label harga yang memiliki selisih yang lumayan yaitu sekitar 2,95 namun fitur yang ditawarkannya menjadikan calon pembeli bimbang untuk memilih, lagi-lagi kembali pada selera konsumennya sendiri.

yamaha nmax vs aerox

yamaha nmax vs aerox

Diferensiasi lainnya terdapat pada rangka yang digunakan, rangka Yamaha Aerox 155 dan Yamaha NMax 155 sekilas bentuknya terlihat mirip akan tetapi bila dilihat lebih mendetail tampak adanya kontur yang membedakan strukturnya. Yamaha Aerox 155 mengusung rangka berbahan besi, titik awal bermula dari subframe yang langsung belok ke bawah serta untuk backbone-nya menggunakan pola besi terpisah. Sebagai perbandingan untuk Yamaha Nmax 155 memakai rangka berawal dari subframe kemudian lurus sampai ke komstirnya, sedang pada sektor bawahnya memakai besi terpisah pula. Hal tersebut dikarenakan rangka yang digunakan Yamaha Aerox 155 menjadi titik sanggah mesin, jadi sektor atau titik bawah harus lebih kuat. Sementara pada Yamaha NMax 155 mesinnya dimodel bergantung pada rangka atas, jadi titik rangka atas harus lebih kokoh.

Disisi pengereman handling Aerox 155 VVA vs Nmax untuk mengendalikan saat melaju ataupun berakselerasi ini memiliki diferensiasi yang membuat kita semakin penasaran. Ada kelebihan pasti juga terdapat kekurangan, seperti pada Yamaha Aerox 155 VVA untuk sektor pengereman depannya menggunakan jenis cakram atau disc brake sama dengan yang ada pada NMax, lantas apa yang membuatnya berbeda? Yaaak! benar sekali sob, pada pengereman sektor  belakangnya Nmax sudah mengusung jenis atau model disc brake cakram, sedangkan Aerox masih menggunakan pengereman model tromol.

aerox vs nmax disc brake

aerox vs nmax disc brake

Pemakaian rangka yang berbeda tersebut juga nantinya memungkinkan membuat handling dari kedua motor ini sedikit berbeda. Akan tetapi, hal tersebut dipastikan dan harus dicoba satu persatu. Namun sepertinya terlihat tidak begitu mencolok adanya diferensiasi handling dari kedua motor besutan Yamaha ini.

Komparasi Performa Mesin & Top Speed Aerox 155 VVA VS NMAX

Okkeey Sobat kali ini beralih ke sektor dapur pacu dan performa Aerox 155 VVA VS NMAX 155, bagi para pecinta speed, speedfreak, enginefreak, gila speed, dan apalah istilah lainnya pastinya sangat menantikan ulasan performa dan top speed Aerox 155 VVA VS Nmax. Ditinjau dari spesifikasi diatas kertas keduanya yakni Yamaha Aerox 155 VVA dan Yamaha Nmax 155 ternyata berangkat dari basic mesin yang identik yakni serupa berkubikasi 155 cc beserta disematkannya teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Akan tetapi, antara kedua motor garapan Yamaha ini memiliki settingan performa yang agak berbeda. Monggo silahkan disimak tabel komparasi Aerox 155 VVA VS NMAX dibawah ini Sob!

Keterangan Aerox 155 NMAX 155
Tipe mesin Liquid cooled 4 stroke, SOHC Liquid cooled 4 stroke, SOHC
Susunan silinder Single cylinder Single cylinder
Diameter X langkah 58 X 58,7 mm 59 X 58,7 mm
Perbandingan kompresi 10,5 ± 0,4 :1 10,5 : 1
Volume silinder 155,1 cc 155 cc
Daya maksimum 11,0 kW @ 8.000 rpm 11,1 kW @ 8.000 rpm
Torsi maksimum 13,8 Nm @ 6.250 rpm 14,4 Nm @ 6.000 rpm
Sistem starter Electric starter Electric starter
Sistem pelumasan Wet sump Wet sump
Kapasitas oli mesin Total: 1 liter, berkala: 0,9 liter Total: 1 liter, berkala: 0,9 liter
Tipe kopling Dry, centrifugal automatic tipe Dry, centrifugal automatic tipe
Transmisi V-belt automatic V-belt automatic
Sistem bahan bakar Fuel injection Fuel injection
Panjang X Lebar X Tinggi 1.990 X 700 X 1.125 mm 1.955 X 740 X 1.115 mm
Jarak sumbu roda 1.350 mm 1.350 mm
Jarak terendah ke tanah 142 mm 135 mm
Tinggi tempat duduk 790 mm 765 mm
Kapasitas tangki bensin 4,6 liter 6,6 liter
Berat isi 118 kg 127 kg
Tipe rangka Underbone Underbone
Suspensi depan Teleskopik Teleskopik
Suspensi belakang Unit swing Unit swing
Tipe ban Tubeless Tubeless
Ban depan 110/80-14 M/C 53P 110/70-13 M/C 48P
Ban belakang 140/70-14 M/C 62P 130/70-13 M/C 63P
Rem depan Disc brake Disc brake
Rem belakang Drum brake Disc brake
Sistem pengapian TCI TCI
Tipe battery YTZ7V YTZ7V
Tipe busi NGK/CPR8EA9 NGK/CPR8EA9

Naah bisa dilihat pada tabel diatas tersebut kan Sob, memang kedua skutik berkelas tersebut memakai basic engine atau mesin yang serupa dan sama-sama sudah disematkan teknologi VVA. Lanjut pada ukuran Bore X Stroke pun sama. Ternyata eh ternyataaa 😀 Yamaha Nmax 155 berperforma lebih baik, lebih tinggi dengan power puncaknya mencapai 11,1 kW dan torsi 14,4 Nm. Sementara power Yamaha Aerox 155 berada di bawah Yamaha NMAX, power puncak Aerox 155 pada 11,0 kW sedangkan untuk torsinya sebesar 13,8 Nm. Oh iya sob hampir lupa saking asyiknya mengorek jeroan dapur pacu kedua motor ini, Yamaha Aerox 155 juga sudah dibekali serta dilengkapi dengan teknologi Smart Motor Generator (SMG) yang menjadikannya terdengar lebih halus pada saat menghidupkan atau awal starter mesinnya menghilangkan suara “bletaakk-bletakkk” pada umunya, Jadi apabila ada yang mengkomparasikan Honda Vario 150 Vs Aerox 155 VVA pada bagian ini, Yamaha juga telah mengusung teknologi Smart Motor Generator (SMG) sedangkan pada Honda lebih dikenal dengan istilah Alternating Current Generator (ACG).

Saatnya kita mengulik-ulik bagaimana sih kejelasan mengenai Top Speed Aerox 155 VVA Vs NMAX, Jambakan tenaga yang disokong oleh teknologi VVA yang ada pada Aerox 155 VVA ini padat sejak bawah, tengah hingga atas. Saat gas dibetot, cukup terasa torsi yang mulai memberontak bak monster yang bersembunyi dibalik celana 😀 seakan ingin lepas dan tak terkendali meski sudah menginjak kecepatan di angka 90 km/jam. Jreeng… pada saat speed memasuki  100 km/jam power Aerox kian statis dan melandai. Jika dikomparasikan dengan power Yamaha NMAX 155, power atas masih galak dan jahat dipegang oleh Yamaha NMAX . Jadi kesimpulannya, untuk torsi dan tarikan bawah dipegang oleh Aerox, sedang untuk power atas NMAX seperti tiada habisnya seakan masih ingin meraung dan terus terisi.

Maklum saja Sob! guyuran torsi dan tenaga Aerox walau kalah dibandingkan NMax, Aerox 155 ternyata memiliki bobot yang lebih enteng, Aerox hanya seberat 117 kg. NMax 155 lebih berat tembus hingga 127 kg total bobot keseluruhannya. Kendati seperti itu, power NMax terus terisi saat speed mencapai 110 km/jam dan masih ingin terus melonjak, sedangkan untuk Aerox sudah kian melemah. Lantas untuk getaran mesin kedua motor ini bagaimana yaa? Aerox terasa lebih baik tepatnya ketika idle atau stationer. Informasi tambahan Sob, soal diameter atau ukuran ban dan velgnya pun berbeda jauh. Yamaha Nmax dicangkoki velg 13 inchi oleh pihak YIMM, sedangkan Yamaha Aerox 155 mengaplikasikan velg berdiameter 14 inchi. Ukuran profil ban sektor belakangnya lebih besar Yamaha Aerox 155 dengan mencapai 140/70.

Baca Juga : 

Tak terasa kini kita sudah berada pada titik akhir ulasan “Yamaha Aerox 155 VVA VS NMAX, Adu spesifikasi, Bimbang untuk memilih?” Yamaha Aerox 155 maupun Yamaha Nmax 155 pastinya terdapat sisi plus dan minusnya sendiri. Keyakinan dan keputusan tentu berada ditangan kita selaku konsumen yang ingin membawa pulang motor ini ke garasi rumah. Pertimbangkan secara matang layaknya memilih istri, cocok spesifikasinya angkut ke KUA 😀 bagaimana sob? Bimbang? Pilih aja, elegan nyaman enak buat touring luar kota serta ngejar top speed ya pilih NMAX 155! Gaya sporty dengan tarikan akselerasi awal yahud serta antimainstream pilih aja Aerox 155 VVA. Jangan sampai salah angkut motor ke rumah sesuaikan dengan kebutuhan dan kantong ya sob!wkwk. Daripada terlanjur meminang motornya ehh… kemudian menyesal kan sakiit banget…! : D Sekian, salam otomotif!

Yamaha Aerox 155 VVA VS NMAX 155 Adu Performa | Lorenzo | 4.5
/* */